Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Pi-Hole Agar Menjadi DNS di Mikrotik

Sebelumnya kita sudah melakukan installasi Pi-Hole yang nantinya akan kita jadikan sebagai DNS server pada jaringan kita, tapi bagaimana cara melakukan konfigurasi DNS menggunakan Pi-Hole pada mikrotik? 

Oke kalian bisa ikuti tutorial konfigurasi Pi-Hole sebagai DNS pada mikrotik dibawah ini.

Car konfigurasi DNS di mikrotik menggunakan Pi-Hole

Cara Setting Pi-Hole menjadi DNS di Mikrotik

Disini kita akan melakukan konfigurasi atau setting Pi-Hole menjadi DNS pada mikrotik, agar nantinya client yang terhubung dengan menggunakan DNS dari Pi-Hole itu bisa menikmati fitur yang berada pada Pi-Hole yaitu sebagai ads blocker.

Selain menjadi ads blocker, Pi-Hole bisa membuka website yang telah di blokir oleh provider juga. Sebelum menggunakan Pi-Hole sebagai DNS di mikrotik saya, saya tidak bisa mengakses website reddit.com, tapi setelah konfigurasi Pi-Hole menjadi DNS saya berhasil mengakses website reddit.com.

Konfigurasi atau Setting Pi-Hole menjadi DNS di mikrotik

Untuk melakukan konfigurasi Pi-Hole pada mikrotik, memiliki 2 cara yaitu dari winbox (gui) atau melalui command line dengan melakukan remote via ssh pada mikrotik.

Setting DNS mikrotik menggunakan Pi-Hole dari winbox

1. Pastikan kalian sudah install Pi-Hole pada server linux kalian, baik itu pada perangkat STB, rassberry pi, laptop, PC ataupun VM di virtualbox atau VMware.

2. Selanjutnya, kalian bisa akses mikrotik kalian dengan menggunakan winbox atau web interface winbox.

3. Selanjutnya, kalian klik menu IP → Firewall lalu pilih menu NAT, seperti gambar dibawah ini.

4. Selanjutnya kita tambahkan konfigurasi pada NAT untuk Pi-Hole, caranya kalian bisa klik tombol tambah [+] lalu pada tab General isi chain menjadi dstnat, lalu pada src address masukan ip server Pi-Hole lalu klik kotak putih agar memunculkan tanda seru atau dikecualikan.


Lalu pilih protocol udp dan Dst.Port di isi 53, seperti gambar dibawah ini 


5. Selanjutnya kalian bisa klik menu action lalu pilih redirect untuk men-checklist pada log itu optional kalian bisa centang log agar tercatat pada menu log tidak perlu di centang juga tidak apa.
 
Pada To Ports kalian isikan angka 53, seperti gambar dibawah ini. Selanjutnya kalian klik tombol apply dan klik tombol copy untuk melakukan copy konfigurasinya.


6. Setelah sudah di copy kembali lagi pada tab general, lalu kalian ubah pada protocolnya dari udp menjadi tcp, seperti gambar dibawah ini lalu klik ok.


Jika sudah maka tampilannya seperti gambar dibawah ini.


Kalian bisa menambahkan comment pada konfigurasi NAT tersebut dengan klik icon dengan warna kuning lalu berikan comment, seperti gambar dibawah ini.


Setelah ditambahkan comment.


7. Selanjutnya, kita akan tambahkan ip server Pi-Hole pada menu DNS di mikrotik, caranya kalian bisa klik menu IP → DNS maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.


8. Selanjutnya, kita akan lakukan flush pada cache dns kalian bisa klik cache lalu klik tombol flush.

Seperti gambar dibawah ini.


9. Selanjutnya, kita lakukan reboot saja pada mikrotiknya. Lalu setelah itu kalian cek apakah client sudah menggunakan DNS dari IP Pi-hole? Jika sudah kalian cek pada dashboard Pi-Hole, maka nanti akan ada traffic dan akan terus bertambah seperti gambar dibawah ini.


Seperti itulah cara konfigurasi atau setting Pi-Hole menjadi DNS di mikrotik, apakah kalian kesulitan saat melakukan konfigurasi? silakan berkomentar di kolom komentar dibawah ini.

Sekian Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Setting Pi-Hole Agar Menjadi DNS di Mikrotik"