Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat, Menghapus dan Melihat User Di Linux

Tutorial cara mudah Membuat, menghapus, melihat user di linux - Tidak hanya sistem operasi windows, di sistem operasi linux juga kita membutuhkan sebuah user untuk bisa akses kedalamnya. 

Pada dasarnya linux adalah sistem operasi dengan multi-user yang artinya bisa digunakan oleh beberapa orang (banyak orang) dengan waktu yang bersamaan. Di artikel ini saya akan share tentang cara menambahkan, menghapus dan melihat user di linux. 

Sebagai administrator sistem yang mengelola sistem operasi linux, baik itu server linux atau linux desktop memiliki suatu tanggung jawab dimana kita diharuskan untuk bisa mengelola para user yang terdaftar pada sistem operasi linux yang kita manage ini.

Langsung saja masuk kedalam tutorial cara mudah menambahkan user baru di linux, silakan dibaca dengan perlahan. Jika ada pertanyaan silakan masukan kedalam komentar dibawah.

tutorial cara menambahkan user, menghapus user dan melihat user pada linux

Cara Membuat, Menghapus dan Melihat User Baru di Linux

Untuk membuat user baru di linux ada 2 perintah atau command yang bisa kita gunakan, yaitu adduser dan useradd. Apa bedanya? antara menambahkan user dengan perintah adduser atau useradd? Oke simak artikelnya dibawah ini.
*Note: untuk membuat user kalian bisa menggunakan superuser (user root) atau menambahkan kata "sudo" pada setiap awalan perintah.

Membuat user baru dengan adduser

Jika membuat user dengan perintah adduser, maka akan secara otomatis membuat directory untuk user yang kita ingin buat. Contohnya seperti gambar dibawah ini.

Disini kita akan membuat user dengan nama "shand", lalu kita masukan perintah:
sudo adduser shand
Maka dengan otomatis user yang kita buat yaitu "shand" akan dibuatkan group dengan nama shand dan dibuatkan juga directory /home/shand seperti gambar dibawah ini.

Dan juga secara otomatis akan diminta untuk melakukan input password yang ingin kita set, untuk informasi lainnya seperti Full Name, Room Number, Work Phone dll itu bisa kita kosongkan saja dengan tekan tombol enter.

Jika informasi untuk membuat user sudah benar kalian bisa ketik y lalu enter, maka pembuatan user sudah selesai.

tutorial cara menambahkan user, menghapus user dan melihat user pada linux

Membuat user di linux dengan perintah adduser sangat mudah semua sudah dibuatkan otomatis oleh sistem, tetapi kurang bebas bagi kita untuk melakukan manage user di sistem linux.

Membuat user baru dengan useradd

Selain itu, kita bisa membuat user baru dengan perintah useradd. Dengan menggunakan useradd kita bisa menambahkan user dengan memasukan password, directory dan group secara manual. Berbeda dengan adduser yang sudah dibuatkan semuanya (kecuali password) dengan otomatis.

Cara menambahkan user baru dengan menggunakan useradd kalian bisa memasukan perintah: 
sudo useradd shandyus

shandyus adalah nama user yang saya buat.

sudo useradd -m shandyus2

shandyus2 adalah nama user yang saya buat. 

Seperti yang dilihat pada gambar dibawah ini, keduanya memiliki perbedaan. Saat kita membuat user shandyus kita check di directory /home user tersebut tidak otomatis membuat directory.

Tapi saat menambahkan user dengan shandyus2 dengan perintah menambahkan opsi -m secara otomatis akan dibuatkan directory pada /home, seperti gambar dibawah ini.

cara menambahkan, menghapus dan melihat user di linux

Menambahkan password pada user baru 

Oke sekarang kita akan menambahkan password pada user shandyus2. Setelah kita membuat user baru dengan perintah useradd, kita belum memberikan password pada user user yang sudah kita buat.

Kita akan menambahkan password pada user yang sudah kita buat sebelumnya, caranya kalian bisa masukan perintah dengan format sudo passwd ($namaUser) seperti gambar dibawah ini.

sudo passwd shandyus2

membuat user baru di linux

Setelah itu kita bisa mencoba login dengan user yang sudah kita berikan password sebelumnya, gambar dibawah ada uji coba login menggunakan user shandyus2 yang sudah diberikan password.

membuat user baru di linux

Cara Membuat user baru di linux dengan Direktori Tertentu

Sebelumnya kita sudah membuat user tanpa dibuatkan directorynya, lalu bagaimana jika kita ingin membuatkan user baru di linux dengan directory tertentu?

Caranya kita membuat user di linux dengan perintah useradd. Kalian bisa masukan perintah dibawah ini.
sudo useradd -m -d /var/www/shandyus shandyus
Perintah untuk memberikan password pada user linux
sudo passwd shandyus
add, delete user in linux

Jika sudah maka akan otomatis dibuatkan directory di dalam directory /var/www seperti gambar diatas.

Sekarang kita coba test login menggunakan user yang sudah kita buat dan kita cek apakah directorynya benar sudah dibuatkan di /var/www/shandyus?

Berikut gambar dibawah setelah dilakukan test login, user shandyus yang kita sudah buat sebelumnya sudah memiliki directory sesuai dengan yang kita setup.

how to add, delete user in linux

Untuk yang bingung apa maksud atau arti -m dan -d pada perintah diatas, kalian bisa masukan perintah useradd -h atau useradd -help untuk melihat detailnya, seperti gambar dibawah ini.

Cara menghapus user di linux

Jika ada case atau situasi dimana kalian ingin menghapus user dari sistem linux, kalian bisa memasukan perintah :
sudo deluser (options) ($nama-User) 

Untuk detail lebih jelasnya mengenai options, kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini atau dengan memasukan perintah sudo deluser -h.

Cara melihat daftar user di linux

Jika kalian memiliki banyak user dan ingin melihat user apa saja yang tersedia di sistem linux kalian, kalian bisa melihat lengkapnya di file /etc/passwd.

Jika kalian menjalankan perintah cat /etc/passwd maka akan muncul output seperti gambar dibawah ini.


setiap kolom memiliki delimiter atau pembatas tanda : untuk urutan kolom nya dibawah ini:
  1. Username
  2. Password encrypted
  3. User UID (User Indentification Number)
  4. User GID (Group Identification Number)
  5. GECOS (Informasi atau keterangan user)
  6. Directory (directory home user)
  7. Shell yang digunakan
Tetapi jika kalian ingin melihat hanya user login nya saja, kalian bisa memasukan perintah : 
sudo cat /etc/passwd | grep -v 'nologin' | awk -F: '$3 >= 1000 {print $1}'
melihat username login pada linux

Jika kalian ingin melihat username mana yang terakhir login, kalian bisa memasukan perintah lastlog nanti akan muncul output seperti gambar dibawah ini.

Mengganti Password pada user linux

Untuk kalian jika ada user yang melupakan password dan ingin mengganti password, kalian bisa memasukan perintah:
passwd (nama-user) 
Setelah itu kalian bisa memasukan password baru yang ingin digunakan.

Seperti itulah tutorial cara membuat, menghapus dan melihat user pada sistem linux. Semoga artikel ini bisa membantu kalian, apakah kalian memiliki kesulitan? 

Jika kalian memiliki pertanyaan mengenai artikel ini atau blog ini atau bagi kalian yang ingin memberikan saran dan juga masukan, bisa kalian masukan itu semua kedalam kolom komentar dibawah artikel ini.

Sekian terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat, Menghapus dan Melihat User Di Linux "