Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Konfigurasi IP Address Di Ubuntu Server

Haloo.. untuk kali ini saya akan sharing tentang bagaimana cara konfigurasi ip address static atau dynamic di ubuntu server, 20.04 untuk melakukan konfigurasi ini mudah mudah sulit. Kenapa harus setting ip address di ubuntu server?

Karena setiap server itu harus memiliki ip static dan tidak boleh mendapatkan ip secara dynamic, sebab nanti jika saat kita ingin konfigurasi dns server di mikrotik, atau didalam servernya kita memerlukan ip address static.

Untuk sharing kali ini saya menggunakan ubuntu server 20.04, kalian bisa menggunakan versi ubuntu server yang sama atau minimal dibawah ubuntu server 20.04, oke selanjutnya kita akan langsung masuk kedalam sesi sharing cara konfigurasi ip address di ubuntu server 20.04.

Cara Konfigurasi IP Address Static Di Ubuntu Server 20.04

Untuk bisa melakukan konfigurasi ip address static di ubuntu server, tentunya kalian diharuskan sudah memiliki vm ubuntu server baik itu di virtualbox atau di VMware.

Buat kalian yang menggunakan virtualbox, kalian bisa langsung import vm ubuntu server dibawah ini.

Spesifikasi vm ubuntu server untuk virtualbox

Jumlah core : 1
Ram : 1GB
Storage : 20GB
Platform : virtualbox (tidak untuk vmware)


Jika kalian download vm ubuntu server diatas, kalian hanya tinggal lakukan import vm ubuntu server di virtualbox saja. Oke, kita lanjut kedalam tutorial cara konfigurasi ip address di ubuntu server, silakan diikuti.

Konfigurasi ip address static di ubuntu server 20.04

1. Jika kalian sudah memiliki vm ubuntu servernya, kalian login terlebih dahulu dengan user yang sudah kalian buat saat install ubuntu server.

2. Lalu selanjutnya, kita harus mengetahui range ip, dns dan ip gateway yang kita dapat. 

Disini saya ada topologi jaringan sederhana dengan 1 router mikrotik yang terhubung internet, 1 switch unmanage, 4 PC client dan 1 server.


Keterangan :

Ether 1 pada router mikrotik terhubung dengan internet.
Ether 2 pada router mikrotik dengan switch unmanage yang terhubung kepada PC client. 
Ether 3 pada router mikrotik terhubung dengan server dengan ip 172.18.100.101, netmask 255.255.255.0 karena menggunakan prefix /24 dan ip gateway 172.18.100.1 dan juga dns 192.168.122.1.

3. Oke, kita lanjut kedalam servernya. Saat sudah di server, kalian ketikan perintah:
$ sudo nano /etc/netplan/00-installer-config.yaml

4. Oke, selanjutnya akan muncul tampilan dhcp seperti gambar dibawah ini.


5. Sekarang untuk cara konfigurasi ip address di ubuntu servernya, kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini.


Untuk ip address yang saya gunakan untuk server adalah 172.18.100.101/24 dengan ip gateway 172.18.100.1 dan untuk dns/nameservers saya isi 192.168.122.1, seperti gambar diatas.

Untuk ip pada gambar diatas tersebut bisa kalian sesuaikan dengan topology dan addressing kalian masing masing. Jika sudah kalian bisa lakukan save dengan cara ctrl + o pada keyboard kalian masing masing.

Perlu diingat, untuk menggeser setiap kata/kalimat jangan gunakan tombol tab pada keyboard, gunakan saja tombol spacebar pada keyboard kalian.

6. Jika sudah di save, kalian bisa memasukan perintah sudo cat /etc/netplan/00-installer-config.yaml setelah itu enter untuk memastikan apakah konfigurasi ip address kalian sudah benar benar disave atau belum, maka akan muncul tampilan seperti gambar dibawah ini.


7. Jika konfigurasinya sudah berhasil disave, kita lalukan apply pada konfigurasi tersebut agar konfigurasinya benar benar diterapkan pada server kita, caranya kalian bisa memasukan perintah:
$ sudo netplan apply

Setelah itu kalian masukan juga perintah dibawah ini.

$ sudo netplan --debug apply


8. Sekarang kita check ip address pada server kita dengan ip add atau ifconfig.

Jika berhasil konfigurasi ip address di ubuntu server, maka ip yang sudah kita setting sebelumnya sudah berganti seperti gambar diatas ini.

Apakah ada kesulitan saat kalian melakukan konfigurasi ip address pada ubuntu server ini? jika ada kalian bisa tanyakan di kolom komentar dibawah ini.

Sekian Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Konfigurasi IP Address Di Ubuntu Server"