Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Pi-Hole di STB B860H H680P pada Armbian Linux

Bagaimana cara kita melakukan block ads atau iklan pada sebuah website? Kalian bisa install Pi-Hole dan konfigurasi Pi-Hole pada router kalian, disini saya ingin sharing tentang cara install Pi-Hole di STB B860H atau HG680P bekas indihome dan STB tersebut sudah di install linux armbian. 

Tentunya pasti ada iklan iklan di suatu website yang sangat mengganggu kita, seperti iklan popup, iklan yang tidak relevan dengan artikel yang sedang kita baca dan jenis iklan lainnya.

Tentu itu akan sangat mengganggu bagi kalian para pembaca bukan? Lalu bagaimana caranya kita install Pi-Hole untuk memblokir iklan pada website? kita lanjut tutorialnya pada artikel dibawah ini.

Cara install Pi-Hole di linux armbian pada perangkat stb bekas indihome

Cara install Pi-Hole pada STB bekas indihome

Berikut tutorial tentang cara install Pi-Hole di linux armbian based on ubuntu 20.04 dengan code name focal fossa, yang nantinya Pi-Hole ini akan kita gunakan sebagai DNS server dan bisa juga untuk memblokir iklan pada website bagi yang menggunakan DNS servernya.

Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini.

Install Pi-Hole

1. Untuk melakukan installasi Pi-Hole pada linux armbian baik itu based on debian atau ubuntu, kalian bisa memasukan perintah dibawah ini. Selain armbian bisa juga digunakan pada sistem operasi architecture i386 dan amd64.
sudo curl -sSL https://install.pi-hole.net | bash

2. Setelah itu kita akan ditampilkan dengan tampilan seperti gambar dibawah ini, kalian bisa langsung tekan enter saja untuk ok nya.


3. Sama seperti sebelumnya kalian bisa melakukan enter untuk melanjutkan installasi, Jika kalian ingin melakukan donate kepada developer Pi-Hole kalian bisa mengunjungi link website yang sudah ditampilkan tersebut.


4. Selanjutnya, kalian bisa pilih yes dan tekan enter lagi untuk melanjutkan installasi. Disini kita akan menggunakan static ip address, karena agar mempermudah kita untuk mengakses webUi untuk melihat dashboard Pi-Hole.


5. Disini kita akan diminta untuk memilih DNS provider, tersedia banyak DNS provider yang bisa kita gunakan. Disini saya akan memilih Cloudflare.

Kalau kalian ingin menggunakan semua atau mengganti DNS providernya, pada dashboard Pi-Hole nanti kita bisa setting kembali DNS provider mana yang ingin kita gunakan.


6. Selanjutnya kalian bisa pilih semua adlist jika tersedia, disini saya hanya tersedia 1. Tapi jangan khawatir nanti kita akan menambahkan adlist pada Pi-Hole dengan cara manual.


7. Selanjutnya kalian direkomendasikan untuk memilih oke untuk installasi web admin interfacenya, agar nanti kita dapat melihat dashboard Pi-Hole.


8. Selanjutnya disini kita akan diminta untuk melakukan installasi web server lighttpd dan php modules untuk keperluan installasi Pi-Hole pada armbian linux. 

Pilih on lalu pilih ok maka akan secara otomatis di install web server lighttpd dan php-modules.


9. Jika kalian ingin membuat dan mencatat log query, kalian bisa pilih on jika tidak bisa pilih off.


10. Lalu kalian bisa memilih 0 Show everything agar Pi-Hole selalu mencatat log.


11. Selanjutnya, tunggu hingga proses intallasi Pi-Hole selesai.


12. Saat proses installasi software atau module yang dibutuhkan oleh Pi-Hole secara otomatis akan terinstall juga, seperti gambar dibawah.


13. Saat Installasi selesai akan muncul link berserta passwordnya untuk mengakses dashboard Pi-Hole seperti gambar dibawah ini.


Atau muncul tampilan informasi seperti gambar dibawah ini.

Merubah Password default dashboard Pi-Hole

Secara default Pi-Hole akan memberikan password dengan cara acak, seperti gambar dibawah ini.


Jika kita ingin merubah password login dashboard Pi-Hole, kalian bisa memasukan perintah dibawah ini.
sudo pihole -a -p

Setelah kalian masukan password baru yang ingin kalian gunakan, lalu selanjutnya kalian bisa mengakses dashboard Pi-Hole yang sebelumnya sudah diberikan oleh Pi-Hole.

Atau kalian bisa langsung saja akses dashboard Pi-Hole dengan format link (ip-address-server)/admin

Dibawah ini adalah tampilan dari dashboard Pi-Hole.


Setelah itu kalian bisa langsung melakukan konfigurasi DNS pada router kalian agar nanti traffik bisa melewati Pi-Hole, di artikel berikutnya saya melakukan konfigurasi Pi-Hole pada mikrotik. Kalian bisa cek artikel tersebut untuk melakukan konfigurasi Pi-Hole pada mikrotik.

Kalian bisa baca artikel berikut tentang setting Pi-Hole menjadi DNS di mikrotik.
 
Bagaimana apakah kalian memiliki kesulitan saat proses install Pi-Hole di armbian linux pada perangkat STB bekas indihome ini? silakan masukan komentarnya di kolom komentar dibawah ini.

Sekian Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Install Pi-Hole di STB B860H H680P pada Armbian Linux"