Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install OpenMediaVault (OMV) di Armbian Linux pada STB B860H HG680P

Tutorial cara membuat NAS dengan harga murah dari perangkat STB bekas indihome seperti STB b860h atau hg680p yang sudah di install sistem operasi armbian linux server atau desktop, bagaimana cara install omv di stb?

STB B860H atau HG680P yang merupakan perangkat android tv box bekas indihome bisa kita manfaatkan selain di install Pi-Hole sebagai DNS server, STB ini bisa kita manfaatkan sebagai NAS murah.

Yang nantinya bisa kita gunakan secara pribadi, dengan menggunakan STB yang digunakan sebagai NAS tentu mengkonsumsi sedikit daya listrik. 

Pada perangkat STB b860h atau hg680p yang akan kita jadikan NAS STB tersebut sudah dibekali dengan processor arm cortex A53 Quadcore 1,5Ghz dengan RAM 2GB sudah cukup untuk digunakan sebagai NAS untuk penggunaan pribadi, ditambahkan dengan sdcard 64GB karena emmc internalnya hanya 8gb saja.

Apa itu OpenMediaVault?  

OMV singkatan dari OpenMediaVault adalah semua software Network Attached Storage (NAS) sama seperti xigmanas, truenas, tapi OpenMediaVault berbasiskan dari distro linux debian.

Openmediavault dirancang untuk digunakan di kantor dengan skala kecil atau kantor rumah, tetapi tidak terbatas hanya pada itu bisa juga digunakan dalam penggunaan pribadi. 

OMV adalah solusi out-of-the-box yang sederhana dan juga mudah digunakan yang akan memungkinkan semua orang untuk menginstal dan juga mengadministrasikan NAS tanpa pengetahuan atau skill yang lebih dalam.

Apa saja fitur OpenMediaVault?

Sebagai OMV yang dirancang sebagai nas, apa saja fitur yang ditawarkan? kalian bisa lihat fitur fitur lengkap openmediavault nas di link berikut.



Cara install OpenMediaVault di Armbian linux pada perangkat STB

Disini saya akan install OpenMediaVault pada sistem operasi armbian linux yang berbasiskan debian buster atau debian 10, untuk langkah langkah install OpenMediaVault di armbian linux kalian bisa mengikutinya disini.

Update dan upgrade system

Untuk melakukan update dan upgrade kalian dalam sekali enter command, kalian bisa menggunakan perintah:
apt update && apt upgrade -y

Untuk upgrade system optional, kalian bisa menjalankan update system saja untuk mengupdate repository apt pada system.

Install OpenMediaVault

Selanjutnya kalian bisa langsung memasukan perintah dibawah ini untuk install openmediavault pada sistem operasi kalian.

wget -O - https://raw.githubusercontent.com/OpenMediaVault-Plugin-Developers/installScript/master/install | sudo bash

Dengan secara otomatis perintah diatas akan melakukan installasi prasyarat yang dibutuhkan untuk omv seperti web server nginx, php7, samba dan juga openmediavault itu sendiri.

Tunggu hingga proses intallasi selesai.


Setelah proses installasi sudah selesai, kalian bisa reboot system.

Akses dashboard openmediavault

Saat system sudah selesai melakukan reboot dan sudah kembali booting, kalian bisa cek berapa ip pada server kalian dengan perintah ifconfig / ip add seperti gambar dibawah ini.


pada eth0 terlihat kalau ip static yang saya gunakan adalah 192.168.111.205, selanjutnya kalian bisa memasukan ip tersebut kedalam url address pada browser kalian. Secara otomatis kalian akan di tampilkan login form OpenMediaVault seperti gambar dibawah ini.


Untuk bisa mengakses dashboard openmediavault, kalian bisa memasukan username admin lalu password openmediavault, seperti gambar dibawah ini.


Selanjutnya kalian akan ditampilkan tampilan dashboard seperti gambar dibawah ini.


Kalian bisa langsung membuat user login atau mengganti login admin pada menu Access Rights Management.

Bagaimana apakah kalian memiliki kesulitan saat proses install openmediavault di armbian pada stb b860h atau h680p ini? Kalian bisa sampaikan di kolom komentar dibawah ini.

Sekian Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Install OpenMediaVault (OMV) di Armbian Linux pada STB B860H HG680P"