Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Mikrotik RouterOS Di Virtualbox

Cara install mikrotik routerOs di virtualbox - Buat kalian yang tidak memiliki cukup uang untuk membeli perangkat mikrotik, ada alternatifnya untuk bisa belajar konfigurasi mikrotik yaitu kita bisa install mikrotik routerOs di virtualbox yang sudah terinstall di komputer atau laptop kita.

Mikrotik merupakan salah satu router yang populer dan banyak digunakan baik dalam jaringan skala menengah atau jaringan skala kecil, salah satunya seperti banyak digunakan untuk jaringan sekolah, cafe, rumah pribadi bahkan kantor ada yang menggunakan perangkat mikrotik ini.

Perangkat router mikrotik banyak digunakan karena memiliki segudang fitur yang sangat berguna tetapi memiliki harga yang murah. 

Router mikrotik yang paling murah itu sekitar 300ribu-an, tetapi mungkin ada beberapa dari kalian yang tidak bisa membeli perangkat mikrotik tersebut tapi tetap ingin mencoba belajar konfigurasi mikrotik kalian bisa coba install mikrotik routeros di virtual machine, virtual machine yang saya gunakan adalah virtualbox karena gratis.

Langsung saja, masuk kedalam tutorial cara install mikrotik routerOs di virtualbox.

www.shandyus.com - install mikrotik di virtualbox

Cara mudah install mikrotik di virtualbox

Bagaimana cara kita bisa install mikrotik routerOs di virtualbox? untuk virtualboxnya saya menggunakan virtualbox pada sistem operasi windows, karena saya menggunakan windows 10. 

Langsung saja kalian ikut langkah langkah install mikrotik di virtualbox dibawah ini.

1. Pastikan kalian sudah menginstall software virtualbox sesuai dengan sistem operasi yang kalian gunakan, jika kalian belum install virtualboxnya kalian bisa download di webiste resmi virtualbox.

2. Lalu setelah itu, siapkan file .iso mikrotiknya sebelum melanjutkan tutorial install mikrotik di virtualbox, untuk kalian yang belum memiliki  file iso mikrotik. 

Kalian bisa download file iso mikrotiknya di website resmi mikrotik langsung atau klik tombol dibawah ini.


3. Setelah virtualbox sudah kalian install dan file .iso mikrotik roiuterOs sudah kalian download. Selanjutnya kalian bisa buka software virtualboxnya.

Lalu klik New muncul popup Create Virtual Machine pada virtualbox, pada kolom name kalian bisa isi apa saja, disini saya isi dengan Mikrotik lalu pada version kalian sesuaikan dengan architecture (32/64bit) sistem operasi yang kalian gunakan, lalu klik next.


4. Untuk besar memory 64mb sudah cukup, jika sudah menentukan besar memorynya kalian bisa langsung next saja.


5. Selanjutnya harddisk kalian pilih default saja create a virtual harddisk now lalu kalian bisa next.


6. Harddisk file type bisa pilih default saja yaitu vdi (virtualbox Disk Image) selanjutnya next.




7. Pada Storage on physical harddisk kalian bisa pilih default saja yaitu Dynamically allocated, selanjutnya pilih next.


8. Untuk file location and size harddisk yang digunakan kalian bisa set 512mb saja atau dibawahnya usahakan minimal 64mb, lalu kalian bisa next.


9. Lalu klik virtual machine mikrotik yang sudah kalian buat, lalu pilih settings.


10. Lalu pilih tab menu network, pada adapter 1 kalian bisa pilih nat atau bridged adapter. Jika kalian memilih bridged adapter, kalian pilih name sesuai dengan hardware yang kalian gunakan untuk koneksi ke internet. 


Lalu pada adapter 2  kalian bisa memilih host only Ethernet Adapter.

Disini saya menggunakan wifi, maka saya akan memilih hardware wireless saya, selanjutnya kalian bisa ok


11. Oke selanjutnya, kalian bisa langsung saja klik tombol start.

12. Setelah kalian klik tombol start kalian bisa pilih file .iso mikrotik routerOs yang sebelumnya sudah kalian download. Jika sudah memilih .iso mikrotik os kalian bisa langsung klik tombol start.

13. Setelah itu akan tampilan seperti gambar dibawah ini, ketik huruf "i" pada keyboard kalian untuk melanjutkan proses installasi, lalu ketik "y" untuk melanjutkan. 

14. Selanjutnya process installasi routerOs mikrotik sedang berjalan, kalian tunggu saja hingga process selesai.

15. Jika sudah maka akan diminta untuk dilakukan restart, kalian bisa tekan enter saja untuk melakukan rebooting.

16. Lalu selanjutnya, kalian shutdown terlebih dahulu vm mikrotik kalian lalu pilih kembali setting selanjutnya pilih system

Pada bagian boot order kalian atur harddisk menjadi paling atas, seperti gambar dibawah jika sudah kalian bisa langsung ok saja.


17. Selanjutnya kalian bisa start kembali untuk memulai menggunakan mikrotik routerOs tersebut.

Seperti itulah cara install mikrotik routeros di virtualbox, bagaimana apakah ada kesulitan saat process installasinya? Jika iya, mungkin kalian bisa berkomentar di kolom komentar dibawah ini. Semoga artikel cara install mikrotik di virtualbox bisa bermanfaat untuk kalian.

Sekian Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Cara Install Mikrotik RouterOS Di Virtualbox"