Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 dengan Qemu VMs

Jika kalian tidak memiliki routerboard mikrotik ada alternatif lain selain membeli routerboardnya. Untuk belajar mikrotik kalian bisa belajar melalui GNS3 dengan melakukan install mikrotik chr di gns3 menggunakan qemu dan juga install mikrotik melalui virtualbox.

GNS3 adalah software yang mirip seperti cisco packet tracer yang fungsinya bisa melakukan simulasi jaringan. Tapi software cisco packet tracer hanya bisa menggunakan perangkat cisco saja, berbeda dengan GNS3 yang bisa menggunakan berbagai macam perangkat.

Di GNS3 bisa menggunakan perangkat berbagai perangkat jaringan untuk kita bisa melakukan simulasi jaringa antara lain adalah jaringan cisco, perangkat mikrotik, perangkat juniper.

Langsung saja masuk kedalam tutorial install mikrotik CHR di GNS3 dengan qemu dibawah ini.

Cara install mikrotik CHR di GNS3 menggunakan qemu

Kita akan melakukan installasi mikrotik chr pada gns3 yang bisa kita gunakan sebagai alternatif bagi kalian yang tidak bisa membeli routerboard mikrotik.

Download Mikrotik CHR untuk GNS3

Sebelum masuk kedalam proses installasi mikrotik CHR dengan qemu di GNS3, ada beberapa yang perlu kalian siapkan dan lakukan dibawah ini.

1. Pastikan kalian sudah install software GNS3 di perangkat komputer ataupun laptop kalian baik itu windows atau linux.

2. Siapkan file mikrotik CHR dengan ekstensi .img kalian bisa download file tersebut di website mikrotik.com/download.

Saat sudah di website mikrotik, kalian bisa scroll kebawah lalu pada bagian Cloud Hosted Router lalu kalian pilih Raw disk image pilih yang stable saja, seperti gambar dibawah ini.


3. Jika kalian sudah download, extract file mikrotik chr tersebut. Seperit gambar dibawah ini.

Install Mikrotik CHR di GNS3

Jika sudah install software GNS3 di laptop atau komputer kalian dan sudah ada file mikrotik CHR, selanjutnya kita lanjut kedalam proses installasi diibawah ini.

1. Kalian buka software GNS3 kalian masing masing, lalu berikan nama pada file project kalian.

2. Jika sudah selesai memberikan nama pada file project kalian, selanjutnya kalian klik menu edit lalu pilih menu preferences lalu pilih Qemu VMs. Seperti gambar dibawah ini.

3. Selajutnya kalian klik tombol New lalu akan muncul popup window new Qemu VM template seperti gambar dibawah ini.

Setelah itu kalian bisa memilih untuk mikrotik chr tersebut ingin dijalankan di local computer kalian atau di GNS3 VM, lalu kalian bisa klik next.


4. Setelah itu kalian bisa berikan nama seperti MIKROTIK CHR atau bisa nama lainnya, jika sudah kalian klik tombol next.


5. Selanjutnya untuk RAM kalian bisa isikan saja 128 MB atau 256 MB, tapi saran saya cukup masukan 128 MB itu juga sudah cukup. Untuk Qemu binary biarkan default saja. Seperti gambar dibawah ini.


6. Untuk console type biarkan default saja yaitu telnet dan langsung saja kalian klik tombol next.


7. Selanjutnya, cari dan masukan file mikrotik chr kalian yang ber-ekstensi .img atau type Disc Image File yang sebelumnya sudah kalian extract. Jika sudah kalian langsung saja klik tombol Finish.


8. Selanjutnya kita ubah icon mikrotik CHR dengan icon router yang sudah tersedia di GNS3, caranya kalian klik tombol edit lalu pada bagian menu symbol kalian klik tombol browse selanjutnya pada kolom filter kalian isikan router dan pilih icon router lalu klik ok.

Seperti gambar dibawah ini.

9. Jika sudah selesai maka akan icon dari mikrotik CHR di Qemu akan berubah seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah kalian bisa klik apply dan ok atau bisa langsung klik tombol ok saja.


10. Selanjutnya tambahkan port ethernet pada mikrotik CHR yang sudah kita install.

Caranya kalian klik tombol edit lalu muncul new window Qemu VM template configuration lalu kalian pilih menu network, seperti gambar dibawah.

Pada bagian Adapters kalian bisa ubah dan sesuaikan dengan kebutuhan kalian, lalu pada name format kalian ubah menjadi ether atau ethernet.


11. Sekarang kita test mikrotik CHR nya, silakan kalian drag and drop mikrotik CHR tersebut. Dalam posisi default mikrotik CHR tersebut masih keadaan belum aktif, seperti gambar dibawah ini.


12. Sekarang langkah selanjutnya kita akan menyalakan mikrotik CHR tersebut, kalian cukup klik kanan dan pilih menu start.

Seperti gambar dibawah ini.


Jika sudah di klik start, maka status pada topology summary akan hijau seperti gambar dibawah ini.


13. Saat mikrotik CHR sudah menyala dan kita klik kanan pada router dan klik custom console lalu pilih putty (normal standalone version), tapi pastikan kalian sudah menginstall putty terlebih dahulu.


14. Dan kalian sudah bisa melakukan konfigurasi mikrotik melalui command line, seperti gambar dibawah ini.

Salah satu alternatif untuk belajar konfigurasi mikrotik, yaitu install mikrotik di gns3. Mungkin ini yang bisa saya sampaikan di artikel ini tentang cara install mikrotik CHR menggunakan qemu di GNS3, semoga bisa bermanfaat. 

Silakan berikan komentar, masukan dan saran dikolom komentar dibawah ini.

Sekian terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Install Mikrotik CHR di GNS3 dengan Qemu VMs"