Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Install Adguard Home di STB B860H HG680P Bekas Indihome

Cara Install Adguard Home di Linux Armbian Debian Buster dengan perangkat STB B860H dan HG680P Bekas Indihome - Dengan kita install adguard home pada stb, kita bisa melakukan block pada website yang memiliki iklan yang cukup mengganggu, contohnya iklan popup atau iklan yang tidak related dengan artikel yang kita baca, Adguard home juga bisa digunakan sebagai DNS Server agar bisa membuka situs situs website yang diblockir oleh ISP.

STB adalah set top box yang menggunakan sistem operasi android, kita bisa juga melakukan customize pada STB, rassberry pi, orange pi dan sebagainya.

Disini saya menggunakan stb b860h v2.1 bekas indihome yang saya beli di marketplace atau online shop, saya membelinya sekitar 250ribu rupiah dengan kondisi belum root dan unlock dan masih bagus serta lengkap.

Jika kalian memiliki stb b860h atau hg680p yang masih belum di unlock dan root, kalian bisa melakukan root stb h680p atau stb b860h terlebih dahulu agar kalian bisa install linux armbian.

Kita langsung masuk saja kedalam tutorial cara install adguard di linux armbian linux dengan perangkat stb b860h, cara ini juga bisa diterapkan pada stb hg680p dengan sistem operasi armbian linux server ataupun desktop.

Cara install adguard home di linux armbian pada perangkat stb bekas indihome

Cara Install Adguard Home di STB ZTE b860h

Sebelum melanjutkan tutorial install adguard home di stb, pastikan pada stb b860h atau hg680p milik kalian sudah di install sistem operasi armbian linux baik itu versi desktop ataupun versi server.

Update dan upgrade package atau repository pada armbian

Kita lakukan update package atau repository terlebih dahulu pada sistem operasi armbian linux ini, dengan perintah:
sudo apt update

Jika update sudah, kita lakukan upgrade package atau repository, caranya dengan perintah:

sudo apt upgrade -y

Install Adguard home pada linux armbian di stb 

Pertama kita download terlebih dahulu untuk file installer adguardnya, cara menggunakan command wget, seperti perintah dibawah ini.
wget https://static.adguard.com/adguardhome/release/AdGuardHome_linux_arm64.tar.gz

Jika sudah di download, kita extract file .tar.gz nya dengan menggunakan perintah:

tar xvf AdGuardHome_linux_arm64.tar.gz

 Kita masuk kedalam folder AdGuardHome yang sudah kita extract sebelumnya, dengan perintah 

cd AdGuardHome/

Sekarang kita lakukan install adguard di armbian linux, caranya kalian bisa menggunakan perintah dibawah ini.

./AdGuardHome -s install

Setelah sudah sukses install, kalian bisa akses web ui adguard home pada browser dengan memasukan URL yang sudah di tampilan, yaitu 172.0.0.1:3000 atau kalian bisa mengakses dengan (ip-server):3000, seperti gambar diatas.

Jika kalian sudah mengaksesnya, kalian akan di tampilan gambar seperti gambar dibawah ini.


Kalian bisa langsung klik Get Started.

Selanjutnya, kalian akan diminta untuk melakukan settingan awal, kalian bia ganti port web user interfacenya dari 3000 menjadi yang lain disarankan jangan menggunakna port 80 karena itu merupakan port default web server.

Unutuk DNS servernya, kalian bisa juga ganti dengan port lain.

Seperti gambar dibawah ini.

Jika sudah kalian bisa langsung klik Next, oke selanjutnya kalian akan diminta untuk membuat username dan password pada setting authentication, silakan di isi sesuai dengan settingan kalian.

Selanjutnya ada tampilan dimana ini merupakan langkah langkah untuk melakukan pada device kalian, seperti di router, windows, macOS, android dan iOS.

Kalian bisa langsung klik tombol Next.


 Selanjutnya, klik open dashboard.


Kalian bisa akses webUi adguard home dengan menggunakan port baru yang sebelumnya sudah ubah, port sebelumnya itu 3000 disini saya mengubahnya menjadi 3030.

Maka akan muncul tampilan login form, kalian bisa isikan username dan password kalian agar bisa login kedalam dashboard.


Berikut adalah tampilan dashboard dari AdGuardHome, sekarang kalian hanya tinggal melakukan konfigurasi Adguard home di router kalian atau device lainnya.

Apakah kalian memiliki kesulitan saat install adguard home di armbian linux pada stb bekas indihome ini? AdGuard ini bisa kalian jadikan DNS server pada konfigurasi router kalian, agar bisa melakukan block iklan pada website dan membuka situs tisut yang di block oleh isp.

Silakan berikan komentar kalian atau masukan serta saran pada kolom komentar dibawah ini.

Sekian Terima kasih.

Posting Komentar untuk "Cara Install Adguard Home di STB B860H HG680P Bekas Indihome "